Padang, Menjadi Salah Satu Kota yang Berkesan dan Paling Disukai

 


Kota Padang menjadi salah satu tempat yang penuh dengan cerita bagiku sendiri. Padahal, ke kota Padang sebenarnya cuma beberapa kali aja, masih bisa lah dihitung jari, tapi kota ini banyak kesan tersendiri, banyak cerita yang membuat kota Padang begitu disukai.

Seperti yang dikutip dari theculturetrip, menurut wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia, kota Padang menjadi salah satu daerah terindah di Indonesia.

Karena sebenarnya, Padang nggak hanya terkenal dengan makanan khasnya yang enak, tetapi banyak juga tempat wisata alamnya yang indah dan mempesona.

Banyak juga tempat-tempat penuh catatan sejarah, karena Padang di masa kolonial Belanda menjadi tempat pelabuhan terpenting.

Maka dari itu, kamu dapat banyak menemukan kota tua bekas peninggalan Belanda zaman dahulu yang masih terjaga dengan baik hingga kini.

Kota Padang juga menjadi salah satu kota terbesar di Sumatera. Menjadi ibu kota Sumatera Barat juga, membuat kota Padang semakin terkenal makanan, budaya, pariwisata, dan juga hiburannya.


Baca Juga : Bagaimana Cara Untuk Mengatasi Distraksi? 7 Cara Atasi Distraksi Ketika Belajar!


Keunikan Kota Padang, Sumatera Barat

Dulu, saat aku belum pernah ke kota Padang yang aku ketahui tentang Padang hanyalah makanannya yang enak, terutama Rendang yang menjadi makanan terkenal dari Indonesia yang sudah menjadi salah satu makanan terenak di dunia.

Namun, ternyata Padang punya banyak keunikan lain yang mungkin juga kamu belum ketahui.

Yang paling aku sadari saat mengunjungi Padang adalah, ternyata disana nggak ada Rumah Makan Padang!

Padahal, tentu saja kita ketahui bersama, rumah makan padang itu ada dimana-mana, di seluruh Indonesia pasti ada tuh yang namanya Rumah Makan Padang, tapi ternyata di Padangnya sendiri nggak ada Rumah Makan Padang.

Setelah mengulik lebih lanjut, rumah makan disana itu memang tidak dinamai dengan "Rumah Makan Padang", tetapi tentu dinamai dengan nama pemilik rumah makan itu. Contoh, Rumah Makan Pak Sabar, atau yang sejenisnya.

Jadi, itu juga yang baru aku sadari. Sebenarnya sama sih seperti Warung Tegal, padahal di Tegalnya sendiri nggak ada yang namanya Warung Tegal, adanya ya warung dengan nama pemiliknya saja.

Terus, mungkin keunikan selanjutnya yang bisa kita temui kalau ke Padang itu, semua bangunan disana itu apalagi bangunan adatnya memiliki gaya arsitektur yang sangat khas.

Tentunya, kita sering banget melihat Rumah khas adat Minang yang ada tanduknya di kanan dan kirinya. Bahkan, di Padang terdapat Masjid Raya nya yang memiliki bentuk bangunan yang sangat unik yang menggunakan gaya rumah khas adat Minang.



Pantai-pantai di Padang yang Sangat Indah

Objek wisata bagi kamu yang mau mengunjungi Padang, pasti yang akan ditujukan terlebih dahulu adalah pantai-pantainya.

Karena, ternyata Padang itu dekat dengan pantai dan banyak dikelilingi pantai yang sangat indah-indah.

Dulu, aku pernah mengunjungi beberapa pantai yang indah, bersih, dan pada saat itu nggak ramai pengunjung jadi sangat nyaman ketika berkunjung kesana.

1.Pantai Caroline, Salah Satu Pantai yang Indah dan Paling Berkesan

Pantai Caroline atau Pantai Bungus merupakan pantai dengan hamparan pasir putih yang bersih dan nyaman dipandang mata.

Nama pantai ini Bungus, karena diambil dari lokasi pantai yang berada di Bungus Selatan sekitar 20 kilometer dari pusat kota Padang.

Di Pantai ini juga terdapat banyak pepohonan rindang yang membuat suasana lebih tampak dingin dan sejuk, tidak terlalu panas dan tetap teduh.

Saat aku kesana bersama keluarga dulu, kami disambut oleh penjaga tempat tersebut. Katanya, nama lain pantai ini yaitu Caroline, itu diambil dari nama anak penjaga itu.

Penjaga itu banyak bercerita tentang daerah Padang dan juga termasuk menceritakan Pantai ini dari zaman dahulu seperti apa. Tempatnya yang bersih dan juga sangat terawat. Pokoknya ini menjadi salah satu pantai yang bisa menjadi pilihan untuk kamu yang berkunjung ke Padang.

2.Pantai Padang, Pantai yang Saat Itu Paling Dekat dari Penginapan dan Indahnya Melihat Sunset Disana

Dulu, saat aku berkunjung ke Padang, tempat penginapan aku dengan keluarga dekat dengan Pantai Padang. Sekitar Pantai ini juga banyak rumah makan ikan bakar yang langsung menghadap ke pantai tersebut.

Paling enak kalau sore-sore, dan tentunya pasti ramai banget di rumah makan disana. Karena, mereka semua mengincar untuk makan ikan bakar sore-sore sambil melihat sunset di Pantai Padang tersebut.

3.Pantai Air Manis, Tempatnya Batu Malin Kundang dan Batu Kapalnya yang Sangat Terkenal

Pada saat ke pantai ini, tentu yang pertama kali dicari adalah,

"Mana batu malin kundangnya?"

Karena, aku penasaran banget gimana bentuk aslinya batu tersebut, yang cerita legendanya sangat melekat dan sangat terkenal di seluruh Indonesia. 

Saat aku melihatnya, betul-betul heran dan takjub. Bentuknya yang betul-betul seperti manusia yang sedang sujud dan di sekitarnya terdapat bebatuan juga yang berbentuk kapal dan perlengkapan kapal lainnya.

Tentu saja, ini menjadi keunikan tersendiri bagi kota Padang, pastinya warga Padang banyak yang mengambil hikmah dan pelajaran dari kisah Malin Kundang ini. Maka, jadinya banyak anak-anak Padang itu sayang sama Ibunya, karena mungkin legenda ini juga yang sudah sangat menyebar ke masyarakatnya.

Sebenarnya, banyak cerita saat ke Padang yang sangat berkesan. Tapi, ada beberapa part cerita yang nggak mungkin aku ceritakan disini, karena selain sangat personal, ceritanya lucu kalau diingat-ingat.

Pokoknya, selain karena aku ada darah keturunan Minang nya, jadi mungkin sangat terasa seperti pulang kampung walaupun aku baru kesana pada saat itu.

Tapi, tetap saja Padang itu menjadi tempat yang berkesan dan tentunya banyak cerita disana.

Kamu tertarik ke Padang? Atau sudah pernah ke Padang? Coba yuk, ceritakan kisahmu juga di kolom komen, biar aku juga bisa baca. Hehe..


Baca Juga: Bagaimana Caraku Bisa Menghasilkan Dari Nge-Blog


Sumber gambar : Unsplash dan Kemenag

Komentar