Bagi Kamu yang Susah Fokus, Ini Dia 7 Cara Atasi Distraksi Ketika Belajar!

Mengatasi distraksi

Kamu yang meng-klik tulisan ini, kemudian ingin membaca lebih lanjut pasti kamu pernah merasakan, lagi niat mau melakukan sesuatu, misal mau belajar terus tiba-tiba malah mikirin hal yang lain.

Ngga usah malu mengakui kalau setiap kita ingin fokus melakukan sesuatu hal yang berguna, malah terdistraksi dengan hal lain.

Untuk mengatasi distraksi ini memang awal-awalnya ngga mudah. Tapi disini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi keinginan melakukan hal lain atau berpikir hal-hal selain kerjaan yang ingin dilakukan.

Baiklah, ngga perlu berlama-lama lagi. Ini dia ada Tips dan Trik, cara untuk kamu mengatasi distraksi yang bisa kamu coba!


1. Pilih Mau Belajar/Kerja Apa

Tentunya, sebelum kamu ingin mengatasi distraksi yang mengganggu. Kamu harus memilih mau bekerja atau belajar apa. Jangan sampai, ketika kamu ingin fokus sesuatu kamu malah bingung mau mengerjakan yang mana dulu.

Karena, ketika kamu bingung mau mengerjakan apa, yang ada malah ngga ada yang kamu kerjakan karena jadi sibuk overthinking.

Misal, kamu mau belajar, nah tentuin kamu mau belajar apa. Kemudian tetapkan dalam hati akan fokus belajar itu terlebih dahulu. Okay, selanjutnya?

2. Bikin Daftar Hal Apa Saja yang Membuatmu Terdistraksi

Untuk melakukan tips ini tidaklah sulit, cukup siapkan pensil atau pulpen dan juga kertas di samping  ketika kamu mengerjakan atau belajar sesuatu.

Pertama, lakukan apa yang ingin kamu lakukan. Kamu bisa belajar, membaca, mendesain sesuatu, atau apapun. Nah, ketika pikiran kamu terdistraksi dengan pikiran yang lain, maka segera ambil alat tulismu dan juga kertas yang ada di dekatmu. Kemudian, catatlah hal apa saja yang menganggumu tadi. Tuliskan apa saja yang membuatmu gagal fokus.

Kesannya amat sederhana, tapi itu membuat pikiranmu lebih rileks. Karena, ternyata otakmu seperti mengeluarkan pikiran-pikiran itu ke tempat lain. Setelah selesai, kamu bisa mengecek apa saja yang pikiran yang mengganggumu itu. Dan kamu bisa mencari solusinya satu persatu.




3. Atur Ponsel dalam Keadaan Senyap atau Singkirkan Jauh-Jauh

Kemajuan teknologi memang mempermudah kehidupan kita. Tapi, secara ngga langsung teknologi juga mempengaruhi psikis dan pikiran kita.

Terlebih lagi, ketika kita main gadget kita jadi terbiasa untuk melakukan kegiatan lebih dari satu kegiatan. Seperti scrolling timeline media sosial, terus-terusan kita akan penasaran dengan isinya.

Semakin besar celah kita untuk terdistraksi dengan gadget apalagi notifikasi dari media sosial. Itu benar-benar sangat mengganggu.

Nah, apalagi ketika kita ingin fokus melakukan sesuatu, gadget ini adalah gangguan paling utama yang harus dihilangkan.

Menyingkirkan gadget sejenak memang agak sulit, tetapi kedisiplinan itu harus di mulai kalau kita ingin fokus melakukan sesuatu.

Saat waktunya bekerja atau belajar, kamu bisa mengatur notifikasi menjadi senyap atau menyimpan gadget di tempat yang jauh agar tak terjangkau penglihatan kamu.

4. Usahakan untuk Istirahat yang Cukup

Waktu istirahat yang kurang ternyata mempengaruhi konsentrasi kamu, loh. Saat kita ngga punya waktu yang cukup untuk istirahat, maka tubuh kita akan mudah lelah.

Jadi, penting bagi kamu untuk istirahat yang cukup. Atau kamu juga bisa mengatur jadwal kamu tidur kapan, tidak hanya bangun saja yang di jadwal, tapi tidur pun penting untuk di jadwal agar istirahat kita cukup.

5. Hindari Multi-Tasking atau Mengerjakan beberapa Pekerjaan dalam Satu Waktu

Multitasking atau melakukan pekerjaan dalam satu waktu ini terlihatnya seperti menghemat waktu. Padahal ini dapat menguras pikiran dan juga bukannya hemat waktu, malah jadi ngga ada yang selesai.

Melakukan multitasking berarti membagi fokus kita ke beberapa hal dalam satu waktu. Dan tentunya ini malah menjadi distraksi. Jadi, lakukanlah satu pekerjaan dahulu sampai selesai, baru deh mengerjakan yang lain.



6. Coba Teknik Pomodoro

Pomodoro adalah sebuah teknik belajar berdasarkan time management yang ditemukan oleh Francisco Cirillo. Untuk melakukan teknik pomodoro ini kamu hanya memerlukan timer atau jam yang ada di smartphone mu.

Teknik ini dimulai dengan membagi waktu belajar menjadi interval bernama "jendela kerja" selama 25 menit. Nah, setelah interval jam kerja ini selesai, maka di gantikan dengan interval "waktu istirahat".

Waktu istirahatnya 5 menit, atau kamu bisa mengaturnya sesuai kemampuan kamu. Kemudian ulangi hal ini hingga 4x sesi. Setelah itu, barulah istirahat selama 15-30 menit.

Ini membantu banget ketika kamu ingin fokus melakukan sesuatu. Gimana? Tertarik mencoba?

7. Satu lagi Cara yang dapat Membantumu Mengatasi Distraksi, yaitu Meditasi!

Orang yang memiliki banyak pikiran dan kerap mencemaskan sesuatu, bisa banget nih mencoba hal ini. 

Banyak teknik meditasi yang bertebaran di Youtube, jadi kamu bisa mengikuti langkah demi langkahnya disana.

Hal yang diutamakan ketika meditasi adalah nafas. Memperhatikan nafas yang masuk dan keluar. Nafas kamu akan lebih teratur dan menjadi lebih tenang dan pikiranmu pun lebih rileks dan fokus.

Pikiran yang semula ruwet lama kelamaan akan lebih tenang dan terarah seiring berjalannya waktu. Lakukan tips ini sebelum beraktivitas ya!. Dan kamu bisa beraktivitas setelah melakukan hal ini ketika benar-benar siap, ya.

Nah, ini dia 7 cara mengatasi distraksi yang bisa kamu lakukan. Kira-kira mana nih, yang sudah kamu terapkan?




Komentar

  1. Yap, meditasi sangat membantu untuk fokus.
    daku juga banyak mendapatkan manfaat dari bermeditasi.
    terima kasih insight-nya yaa

    BalasHapus
  2. Distraksi paling mengganggu adalah ponsel. Tapi ya semua kerjaan ada di sana. Gimana dong? Hehe

    BalasHapus
  3. noted, bukan anak sekolah aja yg alami distraksi. blogger model aku juga sering bgt alami hal kaya gini. haha...makasi tips dan triknya.

    BalasHapus
  4. Paling susah tuh scrolling sosmed sih, soalnya baru ngerjain bentar, eh tangan gatel rasanya kalau gak pegang hp.
    Jadi aku biasanya sambil dengerin lagu yang easy listening aja biar lebih fokus dan gak terlalu senyap hehe

    BalasHapus
  5. wah, aku sering banget ngerjain sesuatu secara bersamaan.. yah memang bener sih hal tsb bisa ngilangin fokus kita.. tapi keadaan mengharuskan aku menghandle beberapa pekerjaan sekaligus.. tapi jarang ilang fokus kok, kecuali kalo lagi laper hahaha

    BalasHapus
  6. Duh saya sering banget nih mengalami distraksi saat mau menulis akhirnya postingan yang bisa diselesaikan beberapa jam saja bisa berlarut-larut baru kelar. So bagus banget nih tipsnya. Semoga bisa saya praktikkan biar bisa lebih fokus

    BalasHapus
  7. Gangguan ponsel sih yang paling terasa karena dikit-dikit pengin akses smartphone lantaran udah keseringan. Padahal kalau bisa menjauhkan diri dari gawai, konsentrasi bisa lebih bagus. Apalagi kalau ditambah meditasi. Makasih ya dah diingatkan, Kak.

    BalasHapus
  8. Aku salfok sama kepalan tangannya, bagus juga sih, siap-siap kalau ga fokus bakalan ditabok diri sendiri hihi..

    BalasHapus

Posting Komentar