Inilah Ceritaku Saat Pertama Kali Nge-Blog, Gimana Aku Monetisasinya Sebagai Penghasilan dari Menulis

 



Cerita ini berawal dari dulu suka menuangkan kisah pribadi lewat tulisan, entah itu di buku tulis intinya bercerita lewat tulisan. Memulai punya blog itu sebenarnya ketika saat aku dulu kelas 5 SD. Keputusan terbaikku saat umur segitu.

Aku memulai menulis blog karena tertarik dengan salah satu penulis terkenal yang menuliskan ceritanya di blog bahkan hingga mempunyai buku sendiri.

Asma Nadia di bukunya Catatan Hati Seorang Istri.

CHSI ini juga dulu pernah dibuat sinetron, dan tentunya saat aku masih SD ibuku suka menonton sinetron tersebut.

Di cerita tersebut, peran utamanya memiliki blog dan memiliki banyak pembaca hingga penggemar yang selalu komen di tulisan-tulisannya.

Aku yang punya hobi menulis itu langsung tertarik dan berpikir, "Kayaknya aku buat blog juga menarik, nih," kata diriku dalam pikiranku.

Singkat cerita, aku pun memberanikan diri membuat blog mulai cari cara tuh bagaimana cara membuat blog, cari buku-buku terkait, bagaimana memasang tema blog yang bagus, dan lain sebagainya.

Aku pun akhrinya memulai blog gratisan di blogger. Karena masih bocil itu sih, sering banget gonta-ganti tema, gonta-ganti nama domain, pokoknya nggak konsisten dan labil. Hahaa.

Hingga akhirnya aku rajin menulis di blog sampai aku menginjak SMP kelas 3 dan aku masih rajin nulis di blog dan berbagai platform media.

Seterusnya-seterusnya..

Pada tahun 2016 aku pun mencoba memulai nulis di media online yang niche dan gaya bahasanya cocok denganku yang masih remaja kala itu.

Hipwee menjadi awal ceritaku di dunia tulis menulis, alias mulai serius untuk menulis di media online ataupun di blog pribadi.

Awal Nulis Niatnya Hanya Untuk Kesenangan Diri Saja

Dulu, setiap nulis nggak ada sih berharap banyak yang baca atau komen, pokoknya nulis ya nulis aja. Awalnya untuk seru-seruan aja.

Sampai suatu ketika aku pun bergabung ke komunitas blogger, dan mereka bertanya,

"Apa sih yang buat kamu tertarik menulis? Padahal blog kamu juga belum ada iklannya, belum ada penghasilannya tapi produktif banget nulis." kata salah satu member komunitas itu kepadaku.

Ya, saat itu yang aku juga belum paham betul bagaimana caranya memonetisasi blog itu gimana, cara daftar adsense gimana. Ya aku jadinya jawab aja,

"Aku nulis ya karena hobi aja, ingin menuangkan isi pikiranku ke tulisan. Nulis untuk Healing, lah yaa.."

Begitulah kira-kira kataku dulu kepada temanku di komunitas blogger tersebut.

Namun, ternyata menulis sekarang bisa dijadikan profesi, bahkan penulis nggak terbatas hanya jadi penulis buku, lho.


Di tulisan itu, aku memberi peluang baru lah buat penulis-penulis yang suka menulis tapi ingin menjadikannya sebagai profesi.

Dan tentunya, di blog itu juga menjawab bagaimana aku memonetisasi tulisanku menjadi penghasilan utamaku saat ini. Alias menjadi Full Time Content Writer.

Bagaimana Aku Me-Monetize Tulisan Menjadi Penghasilan Utama

Sebenarnya, sebagai penulis blog atau penulis artikel, ada banyak cara menghasilkan uang dari tulisan. Nggak hanya dengan memasang adsense di blog, nggak hanya dengan cara menerbitkan buku di penerbit indie ataupun penerbit mayor.

Tapi, ternyata ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan skill menulis kita dan menghasilkan cuan lebih mudah dan menguntungkan.

Kamu juga bisa baca bagaimana hobi bisa menjadi profesi, disini : 7 Tips Mengubah Hobi Menjadi Profesi

Kalau kata mentorku itu, ketika kita bekerja di bidang yang kita suka kemudian sebenarnya kita belum ahli-ahli banget, itu bisa menjadi kesempatanmu untuk bisa Belajar yang Dibayar.

Aku dulu juga mengira, menghasilkan cuan dari blog itu hanya dari adsense dan endorse atau content placement.

Ternyata tidak hanya itu!

Kamu. Kita, bisa mneghasilkan cuan dari tulisan dari berbagai macam cara yang aku spill di blog aku yang baru di pinartwriters.com. Kamu bisa cek disana.

Mulai dari Ngonten yang Konsisten, Hingga Menebar Ilmu Lewat Mentoring

Setelah aku rajin nulis artikel di blog pribadiku dan sering share di grup-grup WA. Sampai suatu ketika, admin di salah satu grup kelas menulis yang pernah aku ikuti me-notice keberadaan aku dan tulisanku.

Menulis Buku Bareng. Itulah nama kelas menulis dan tempat menulis buku antologi bareng.

Aku dipercaya untuk mengisi materi selama sebulan dengan 4x pertemuan disana dengan pembahasan 'Menulis Artikel'.

Hal yang selalu aku syukuri, aku tidak melewatkan kesempatan itu yang awalnya aku ragu akan hal itu.

"Bisa nggak ya aku ngajar nanti? Apa ya yang mau aku omongin?"

Dan segala macam overthinking lainnya.

Itulah hal yang selalu aku syukuri hingga sekarang, tidak pernah aku sesali aku menerima tawaran itu.

Aku mulai pengajaran 1 bulan intensif itu. Hingga akhirnya, aku pun inisiatif buka private mentoring sendiri di akun pribadiku. 

Kalau saja, aku tidak mengambil kesempatan itu, mungkin aku nggak akan punya penghasilan tambahan dari menulis lewat mentoring ini.

Aku akhirnya mengambil kesimpulan yang sangat membekas pada hidupku hingga saat ini,

Jangan pernah lewatkan kesempatan yang ada, walaupun awalnya kamu mengira kamu nggak akan mampu. Tapi, percayalah dengan keberanian, kamu bisa untuk belajar yang dibayar.

 

Sekarang, walhamdulillah aku sudah menulis di blog ini sejak tahun 2016 awal mula aku mulai fokus dan serius untuk menulis.

Mungkin awalnya bukan untuk uang, hanya untuk membiasakan diri untuk kebiasaan baik.

Seiring berjalannya waktu, akhirnya aku pun mulai menghasilkan lewat tulisan dengan berbagai cara.

Semoga kamu yang baca ini juga bisa menghasilkan uang dari apa yang kamu suka dan kuasai, ya!

Any Thoughts? Let us discuss in comment!


Foto oleh THE 5TH:

https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-yang-memegang-cangkir-kopi-keramik-putih-bersandar-di-meja-kayu-coklat-179912/

Komentar

  1. Tulisannya sangat ngalir, serasa dituntun bacanya hingga akhir ya, salam saling menginspirasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh alhamdulillah kalau begitu, cerita aja inihh hihii. Salam inspirasi juga, Bang Ai :D

      Hapus
  2. Ya ampun samaan Mbak, dulu juga waktu awal ngeblog dan masih usia pelajar jadi hobi banget ganti tema. Seruuu aja gitu bawaanya. Terus mengalami juga kirim tulisan ke Hipwee dengan judul-judul khasnya yang panjang ituh :D

    Pada akhirnya menyenangkan juga ya Mbak ketika hobi menulis ini dapat mendatangkan uang, kemudian caranya juga banyak tak terbatas iklan kan kalau lewat blog. Rasanya jadi tambah motivasi dan belajar terus krn nulis itu memang keahlian yg bisa ditingkatkan melalui kebiasaan. Semoga hobi menulis dan blognya semakin terang benderang ya :D

    BalasHapus
  3. Wah keren sekaliii. Mulai main blog saat SD. Berarti nih masih muda bangeeet dong.

    BalasHapus
  4. Keknya hampir semua blogger mengawali karir ngeblognya dari kesenangan diri ya, sebut aja curcol, haha.. Semoga konsisten menghasilkan tulisan yg bermanfaat yah, Mbak.

    BalasHapus
  5. hobi menulis dan mendalami kelimuan dunia perbloggeran akhirnya berbuah manis dan berhasil menghasilkan tulisan yang kece dan tak lupa terus mengasah sehingga tulisannya bernilai ya kak. Ikutaaaaann akhhhhh

    BalasHapus
  6. Keren banget udah punya blog sejak bangku SD. Salut sama konsistensinya sampai kini terus menulis, bahkan bisa meraup keuntungan. Emang sih, sekali merengkuh dayung ibaratnya, menulis sekaligus mendapatkan cuan. Aku pun masih mengandalkan blog sebagai saraba mendongkrak keuntungan. Semangat!

    BalasHapus
  7. keren kak perjalanannya.. semoga terus konsisten dan ngeblognya bisa mendatangkan keberkahan, kebaikan, dan kalau bisa cuan juga ya :D semangat terus

    BalasHapus
  8. Mantap banget sejak kelas 5 SD udah membuat blog. Salut sih karena memanfaatkan dunia digital dengan cara yang positif. Saya pun mulai ngeblog dengan niatan sekadar sebagai catatan pribadi. Tetapi, kalau terus konsisten, memang jadinya lebih berasa manfaatnya. Alhamdulillah

    BalasHapus
  9. kereeenn, bahkan memulai ngeblognya sejak SD ya berarti ini? :)
    saya juga awal-awal ngeblog itu sering gonta ganti template, seminggu aja bisa berapa kali tuh *kurang kerjaan banget dah hihihh
    sebelumnya saya pun juga menulis ya nulis aja yang penting happy

    BalasHapus
  10. Kalo aku baru pas kuliah sih bikin blog, itu juga karena tugas dari dosen, lama-lama tertarik juga buat diisi dan alhamdulillah bertahan sampe sekarang. Seseru itu ya mbak punya blog tuh..

    BalasHapus
  11. Menarik sekali, Mbak. Kalau mau diseriusi, menulis memang bisa menghasilkan uang. Cuma yaaa...sama seperti bidang lainnya, ada yang uangnya banyak dan ada yang sedikit, dll. Terus semangat menulis kebaikan, yaaa :)

    BalasHapus
  12. Wahh seru banget pengalamannya, awal-awal nulis juga aku cuma buat kesenangan dan menyalurkan hobi dari hasil curhat-curhat dan pada akhirnya tulisan yang kupublikasikan juga aku monetisasiin mulai dari endorse, content placement, iklan, dan lain sebagainya. Tapi hebat kakak ini bisa jadi penghasilan utama dari menulis, salut banget.

    BalasHapus
  13. Tiap bloger kyknya berproses ya, bisa dilihat dari isi blognya dari masa ke masa hehe.
    Zaman sekarang memang yang namanya ngeblog gak cuma menuangkan tulisan di media online ya, namun juga bisa dimonetize bahkan ada juga yang menjadi pendapatan utama. Asalkan emang tekun dan konsisten ngeblognya pasti ada aja jalannya :D

    BalasHapus
  14. Keren mba! Memang betul bgt, menulis ini selain hobby juga kalau mau diseriusin bisa jadin pundi pundi yang menghasilkan (side job). Salam semangat selalu mba

    BalasHapus
  15. Wah sama kita saya juga ngeblog dari 2016. Terus semangat ya Mbak, senangnya jika hobi bisa jadi sumber penghasilan tambahan

    BalasHapus
  16. Wah ... kurang lebih awal ngeblog juga begitu, dari kesenangan menulis saja dan ingin mengabadikan curhatan. Tapi alhamdulillah rezeki terbuka dari pintu itu

    BalasHapus
  17. Poin utama yang mau awa tanya, kekmana buat tampilan blog bisa sekece ini, Fin? Hiks... Hiks... Udah lama punya blog, tapi nggak paham mempercantiknya. Untuk isi oke, Fin. Salute! Hwaiting, Onnie!

    BalasHapus
  18. Auto fokus ke sinetron CHSI, beneran klo udah terbiasa nulis, jadinya tulisan itu makin bisa nyentuh pembaca wkwk. duuh terngiang betul castnya sandra dewi sama alm ashraf :D

    BalasHapus
  19. Wah, jadi pengen kepo in cara monetize hehe. Kayaknya bisa banyak belajar ttg blog dari kak Fina nih 😊

    BalasHapus

Posting Komentar