7 Tips Mengubah Hobi Menjadi Profesi

Pekerjaan terbaik adalah hobi yang dibayar. Pernyataan ini memang terdengar menyenangkan, bukan? Bayangkan, kalau kamu bekerja menghasilkan uang tapi kamu mengerjakannya secara suka rela, ya karena itu hobi kamu. Wah, menyenangkan sekali, bukan?

Walau begitu, untuk mengubah hobi menjadi profesi membutuhkan skill dan passion pastinya. Dan kamu juga membutuhkan ilmu marketing agar profesimu dapat membuahkan hasil yang maksimal. Dibutuhkan juga perencanaan, komitmen, dan naluri entrepreneur, loh.

Jika kamu sudah berpikir untuk mengubah hobimu menjadi profesi, boleh banget nih baca tips-tips dibawah ini. Yuk kita simak, 7 Tips Mengubah hobi menjadi profesi!

1. Memikirkan tujuannya.


Sebelum memulai hobi menjadi profesi, kamu bisa memikirkan tujuannya. Apakah ini akan menjadi penghasilan utama, atau hanya sebatas penghasilan sampingan saja. Maka kamu bisa mengambil keputusan yang benar agar tidak salah langkah

Pertimbangkan kembali, apakah akan menjadi pemasukan utama atau tidak. Karena, jika kamu ingin hobi ini menjadi profesi utama, berarti kamu akan lebih susah lagi pekerjaan yang harus kamu kerjakan.

2. Mencari peluang.


Memiliki pendapatan dari hobi yang dilakukan itu sangat mudah dilakukan. Syaratnya, kamu harus pandai-pandai melihat peluang yang ada. Jika ada hal baru yang bisa dilakukan, maka cobalah! Jangan terpaku hanya satu produk atau satu layanan saja, namun cari juga kesempatan pada produk atau layanan lainnya.

Sebagai contoh, kamu misalkan mempunyai profesi sebagai desain grafis, cobalah buka juga kursus desain dengan cara online agar kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari layanan lainnya.

3. Membiasakan sikap profesional


Ketika menjalani hobi menjadi profesi, kamu harus membiasakan diri untuk mengejar deadline yang diberikan klien, atau untuk mengurus masalah marketing atau masalah finansial. Maka kamu harus memupuk dari sekarang sikap profesional.

Bukan seperti dulu, saat mengerjakannya hanya untuk melakukan hobi saja.

4. Menambah kemampuan


Untuk menjalani profesi yang dari hobi ini, kamu tetap harus menambahkan kemampuan kamu. Jangan hanya terpatok pada satu kemampuan saja. Karena kamu juga harus melihat peluang yang ada untuk menambah penghasilan kamu.

5. Memahami marketing


Kamu mungkin bisa jadi sudah paham betul dengan hobi yang ku geluti ini. Tapi, kamu juga harus mempelajari marketing. Kamu bisa mempelajarinya dari kompetitor kamu. Dan kamu bisa melakukan riset ini dengan mudah.

Karena sekarang dengan adanya internet, riset seperti ini bisa dilakukan dengan mudah.

6. Memperkuat personal branding


Sederhananya kamu bisa lihat brand-brand terkenal sekarang ini. Contoh saja seperti KFC, maka kamu akan berpikir kalau itu adalah makanan ayam goreng dari Kota Kentucky. Memang, memperkuat branding itu memang butuh waktu yang tidak sebentar. 

Tapi, kamu bisa memulai dengan memikirkan nama brand kamu, logo, untuk memperkuat personal branding kamu.

7. Mendapatkan pelanggan pertama


Sebagai promosi, tak ada salahnya untuk memberi pelayanan atau produk secara cuma-cuma untuk mendapatkan review atau testimoni dari pelanggan kita. Agar kita bisa lebih dipercaya oleh kustomer kita dengan testimoni yang ada. Karena kustomer lebih menyukai suatu produk atau layanan yang sudah terpercaya dan sudah banyak di gunakan.

Lewat tahap ini, kamu bisa membangun kepercayaan diri dalam menjalankan profesi kamu.



Itu dia sejumlah tips yang bisa kamu lakukan, sudah siap kah mengubah hobimu menjadi profesi?





Komentar

  1. Ya kak, 7 poin itu sudah mencakup semua, yg ke-4 emang gak boleh berhenti untuk belajar terus, terus update dgn perkembangan. Makasih sharenya

    BalasHapus
  2. Sangat bermanfaat terima kasih ya sudah berbagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 ;) terimakasih sudah berkunjung ke blog ku :))

      Hapus
  3. Alhamdulillah sudah saya terapkan. Hobi menulis saya tuangkan dalam sebuah blog www.dinginaja.com. Walaupun masih jauh dr sempurna blog yg saya buat.
    Dan selain itu juga bisa jadi pasif income..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bagus banget kalau sudah diterapkan! Semangat terus ya!

      Hapus
  4. Dan saat ini aku sedang pada posisi ini. Mengubah hobi nulis jadi lahan bisnis utk nambah penghasilan.

    BalasHapus
  5. Nah yg saya rasain betapa sulitnya itu mendapatkan pelanggan..krn saya mines di marketing..(cie curhat)hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa betul banget! Saya juga lg merasakannya.. tetap semangat!

      Hapus
  6. Saat ini sedang mengkaji permasalahan di masyarakat biar marketingnya lancar dan dapat membantu juga 😁

    BalasHapus
  7. Kalau sudah berkaitan dengan hobi pasti semua pekerjaan yang terkait dengan hobi tidak membuat kita gampang menyerah apabila ada halangan di tengah jalan. Terima kasih informasinya menarik

    BalasHapus
  8. Saya sepakat sekali dengan perkataan "Pekerjaan terbaik adalah hobi yang dibayar." Tapi kalau hobinya belom dibayar, ya jangan berhenti untuk melakukannya hehehe

    BalasHapus
  9. Mendapatkan pelanggan pertama adalah pengalaman yang tak terlupakan. dek-dek ser lah.. menjadikan pengalaman pertama tersebut menjadi guru yang terbaik. untuk kemajuan usaha kita kedepannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih bener banget! Saya juga merasakannya. Semangat terus!

      Hapus
  10. Dengan mendapatkan keuntungan seperti dari hobi itu memang sangat menyenangkan. Makasih informasinya

    BalasHapus
  11. Mantap kak artikelnya, semoga sukses selalu...

    BalasHapus
  12. Profesi yang di jalani atas dasar hobi terasa menyenangkan

    BalasHapus
  13. Yaa bener nih author, sekarang tipsnya kepake buat masa depan karena Kita yakin rezeki datang dari hobby yang positive

    BalasHapus
  14. Personal branding emang yang paling utama ya. Kita emang kudu netuin tujuannya apa. Btw templatenya bagus kak

    BalasHapus
  15. satu lagi yang paling penting kak, yaitu jangan malas.

    BalasHapus
  16. Digital marketing menjadi sangat laris, dimasa PSBB seperti sekarang ini...

    BalasHapus
  17. Betul sekali kak, kita harus bisa memanfaatkan peluang sehaik mungkin

    BalasHapus

Posting Komentar