Musperin: Museum Perkebunan Indonesia Wisata Edukasi di Medan

Musperin: Museum Perkebunan Indonesia Wisata Edukasi di Medan - Indonesia itu memiliki kekayaan perkebunan yang melimpah, lho. Tentunya, warisan sejarah yang memiliki harga yang tak ternilai.

Musperin merupakan salah satu tempat wisata edukasi yang bisa dikunjungi karena menyimpan peninggalan masa kejayaan perkebunan Indonesia yang mendunia.

Museum Perkebunan Indonesia 2 ini berada di Gedung Avros atau sekarang namanya BKS-PPS di Jalan Pemuda No.2 Medan, Sumatera Utara.

Beberapa waktu lalu, saya dan komunitas Blogger Medan Blog M mengunjungi Musperin 2 ini. Ini juga pertama kalinya saya kesini. Museum ini diresmikan pada tahun 2018.

Blogger Medan Blog M ke Musperin 2


Museum Perkebunan Indonesia (Musperin 2)

Museum ini tentunya sudah menjadi salah satu objek wisata yang sangat menarik dan tentu menambah wawasan kita tentang sejarah Indonesia, terutama sejarah ekonomi dan sosial negara ini.

Dari masa kolonial hingga kemerdekaan, museum ini menyajikan narasi lengkap mengenai peranan perkebunan dalam pembentukan identitas Indonesia.

Musperin 2 Museum Perkebunan Indonesia


Museum Perkebunan Indonesia ini digagas dan didirikan oleh seorang Tokoh Perkebunan Indonesia yaitu Bapak Soedjai Kartasasmita, melalui Yayasan Museum Perkebunan Indonesia.

Musperin bisa banget jadi alternatif kamu untuk sarana rekreasi yang edukatif dan pariwisata berwawasan bagi masyarakat dalam negeri ataupun luar negeri. 


Dalam Musperin 2 Medan


Lokasi yang Sangat Strategis

View dari Lantai Paling Atas Musperin 2

Musperin 2 itu berlokasi di Jl Pemuda, Kelurahan Kampung Aur, Medan. Lokasi ini memang cukup strategis karena cukup dekat dengan pusat kota dan juga destinasi lainnya seperti Tjong A Fie Mansion, Post Bloc (0 km Kota Medan), Stasiun KA, dan masih banyak lagi.

Jadwal Museum Perkebunan

Musperin 2 buka setiap hari, mulai dari jam 09.00 s/d 17.00 WIB.

Tiket Masuk Musperin 2

Sebelum kamu memasuki Museum ini, kamu perlu untuk membeli tiket masuk. Untuk harga tiket masuk Museum Perkebunan Indonesia, yaitu:

Umum/Lokal: Rp.25,000
Turis/Mancanegara: Rp.35,000

Harga di atas sudah termasuk Souvenir dan juga pemandu yang akan menceritakan sejarah dan memandu kamu selama di Museum.

Nah, kamu bisa langsung mengunjungi Museum ini untuk berkelana ke masa lalu dan mempelajari sejarah dengan lebih seru dan asik karena sambil jalan-jalan. Semoga informasinya bermanfaat, ya!

Komentar

  1. Karena gedung dan perabotannya pada umumnya merupakan peninggalan zaman kolonial Belanda jadi vibes zaman dahulunya semakin kuat ya, kak.. Kita jadi ikut seolah olah dibawa ke tahun tahun silam. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kak Ririn, seperti menjelajahi waktu ke masa lampau kalau ke museum tuhh

      Hapus
  2. Jadi kalo ada saudara datang dari luar sumatera nanya-nanya sejarah tinggal bawa ke sini aja dah, no repot

    BalasHapus
  3. Posisi di tengah kota, tempatnya juga punya kisah yg panjang dan kuat dalam sejarah kota Medan, bahkan Indonesia. Recommended bgt ya kak buat bawa siswa ke sini buat belajar. Pokoknya juga cakep, di zaman 1918 udah estetik bahkan di tahun segini, duh ga kebayang semegah apa di zamannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang aja dilihat masih megah, apalagi zaman dulu ya kak

      Hapus
  4. Musperin 2 lebih unggul sebab punya lokasi yang strategis ya, Fin...
    Jadi meski ngga ada dalam rencana, tapi misal lagi di pusat kota dan punya waktu luang bisa mendadak berkunjung.
    Semoga semakin banyak yang tertarik main ke museum, ya, kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, semoga semakin banyak yang berkunjung ke museum agar melek sejarah

      Hapus

Posting Komentar