Untuk Kamu yang Merasa 24 Jam Tidak Cukup, Lakukan Ini Yuk!

 



Pernah nggak sih kamu merasa kurang dengan waktu 24 jam karena banyaknya tugas, banyaknya kesibukan yang menghampiri?

Rasa-rasanya kamu juga jadi pengen punya waktu lebih dari 24 jam, karena merasa kesibukan telah menelan waktu begitu kejam. Haduh, ada yang merasa relate?

Tapi, sayang waktu itu nggak bisa kita manipulasi mau bagaimanapun juga. Waktu akan terus bergulir, walaupun kamu hanya malas-malasan waktu akan terus berjalan.

Hasan Al-Bashri Rahimahullah pernah berkata yang artinya,

"Wahai manusia, sesungguhnya kalian hanyalah kumpulan hari. Tatkala satu hari itu hilang, maka akan hilang pula sebagian dirimu."

Dan tentunya perkataan Hasan Al-Bashri ini tidak luput dari perkataan Rasulullah shollallahu 'alaihi wasallam. Karena, Rasulullah juga pernah bersabda yang mengingatkan kita tentang nikmat yang sering dilalaikan oleh manusia. 

Nabi shollallahu 'alaihi wasallam bersabda,

"Ada dua nikmat yang banyak membuat manusia tertipu, yaitu nikmat sehat dan nikmat waktu luang"

Kita tentunya dapat melihat diri kita sendiri saat ini, apalagi ketika kita melihat diri kita mempunyai waktu luang. Apakah kita memanfaatkannya dengan baik ataukah tidak?

Yuk coba lakukan tips-tips dibawah ini, agar kamu yang merasa 24 jam itu tidak cukup, menjadi merasa tidak seperti itu lagi.


1.Jadwalkan Waktumu, Buat Planning untuk Sehari. Apa Saja yang Bakal Kamu Kerjakan Hari ini?

Kira-kira kamu bisa membuat to-do list atau hal apa saja yang akan kamu kerjakan dalam sehari. Atau kalau kamu mau lebih efektif lagi, kamu bisa juga membuat to-don't list. Itu juga list apa saja yang TIDAK boleh kamu lakukan di hari itu.

Jadi, selain produktif, kamu juga dapat memilah skala prioritas mana yang dapat kamu kerjakan.

Kamu bisa memulainya dengan membuat daftar kegiatan mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi. Tetapkan jadwal yang tepat untuk setiap aktivitasmu. Selain lebih produktif, menggunakan cara ini juga dapat mengevaluasi apa saja yang sudah kamu lakukan di hari itu.


Baca Juga : Pengingat Untuk Diri Bahwa Waktu Terus Berjalan


2.Menghilangkan Aktivitas atau Kebiasaan Tidak Penting

Ini adalah yang sering terlupakan bagi kamu yang mau lebih produktif untuk setiap harinya. Aktivitas atau kebiasaan tidak penting itu bisa dengan terlalu banyak scrolling media sosial, atau terlalu lama menghabiskan waktu untuk hal-hal yang kurang bermanfaat lainnya.

Walaupun itu sebenarnya boleh-boleh saja untuk menghilangkan penat. Namun, kalau sudah menghabiskan waktu, maka sudah harus dihilangkan kebiasaan itu.


3.Jangan Karena Terlalu Sibuk, Kamu Jadi Mengurangi Waktu Istirahatmu. Ini Perlu Dihindari!

Kalau kamu ngomong 24 jam sehari itu nggak cukup, salah banget ketika kamu malah memotong waktu tidurmu. 

Karena Rasulullah Shallahu 'alaihi wasallam saja menegur ketika ada seorang sahabat yang tidak akan tidur, dia hanya ingin beribadah saja setiap waktunya. Maka Rasulullah melarang dengan mengatakan,

“Benarkah kalian yang telah berkata begini dan begitu? Demi Allah! Sesungguhnya aku adalah orang yang paling takut kepada Allah dan paling taqwa kepada-Nya di antara kalian. Akan tetapi aku berpuasa dan aku juga berbuka (tidak puasa), aku shalat (malam) dan aku juga tidur, dan aku juga menikahi wanita. Maka, barangsiapa yang tidak menyukai sunnahku, maka ia tidak termasuk golonganku.”

Dalam hadits itu jelas, bahwa Rasulullah sholat malam dan beliau juga tidur. Maka, ini sebagai pengingat juga bagi kita untuk terus mengingat bahwa kesehatan juga penting, karena kita juga manusia yang punya waktu untuk istirahat juga.


Baca Juga : Bagi Kamu yang Sulit Fokus, Ini Dia 7 Cara Atasi Distraksi Ketika Belajar!


4.Luangkan Waktu untuk Melakukan "Ritual Pagi" Minimal 30 Menit

Ini penting banget buat kamu untuk memulai hari di setiap paginya, agar lebih semangat dan lebih produktif menjalani aktivitas. Sebelum kamu memulai hari, coba deh luangkan waktumu untuk meluangkan waktu minimal 30 menit tiap harinya.

Ritual pagi ini bisa kamu isi dengan olahraga, baca buku, atau beribadah di pagi hari. Hal tersebut akan semakin membuat kamu lebih semangat dan menambah "tangki" spiritual, emosional, dan kecerdasan berpikirmu sekaligus setiap harinya.

5.Mulailah dari Sekarang!

Mau sebanyak apapun kamu membaca petuah, motivasi, tips atau cara bagaimana untuk kamu bisa produktif setiap harinya. Nggak akan bisa kejadian kalau kamu nggak mulai dari sekarang.

Mulailah dari hal-hal yang mudah bagi dirimu. Mulai dari hal-hal terdekat dengan bisa mengurangi scroll media sosial terlalu lama, atau membuat to-do list setiap malam sebelum esok berganti hari.

Dengan memulai dari hal kecil akan sangat bermanfaat bagi diri kamu agar mengubah pola pikir kalau "24 Jam itu tidak cukup" menjadi "24 jam waktu yang cukup untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya"

Kalau menurut kamu tulisan ini bermanfaat bisa share ke teman-teman mu yang merasa butuh dengan tulisan ini. Juga, kamu bisa komen kalau kamu merasa relate dengan tulisan ini!




Sumber gambar : pexels.com 

Komentar

  1. bener bgt mb, emang waktu 24 jam itu ga ckup so butuh manajemen yg baik utk mengatur itu semua. no.4 juga baru sya biasain utk rutin tiap pagi olahraga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rutinitas pagi memang berdampak banget buat kualitas kita seharian penuh ya, apalagi olahraga di pagi hari. Walaupun kadang butuh effort banget buat konsisten tapi memang harus dibiasain. Semangat buat kak Dwi!

      Hapus
  2. Tapi apa yang kakak tulis ada benarnya juga. Saya merasa waktu 24 jam kurang namun jika disuruh menambah sehari lebih dr 24 rasanya gak rela, wkwkwkwk. Dasar manusia ya kak, selalu kurang bersyukur. Akhirnya membuat jadwal adalah langkah yang terbaik utk kita semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat jadwal to do list dan to dont list memang bermanfaat banget buat mengatur waktu ya kak Maria ;D

      Hapus
  3. Masya Allah ... ucapan dari Hasan Al-Bashri: "Wahai manusia, sesungguhnya kalian hanyalah kumpulan hari. Tatkala satu hari itu hilang, maka akan hilang pula sebagian dirimu." dalam banget maknanya. Saya sampai merenung ... kalau hilang sebagian diri berarti betapa sia2nya apa yang kita lakukan pada hari yang hilang itu ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak. Makjleb banget kata-katanya. Semoga kita bisa terus memanfaatkan waktu dengan baik ya :")

      Hapus
  4. Padahal apa yang ditulis di artikel ini mudah sekali yaa, asalkan konsisten tapi yaaa memang masih aja dianggap berat. Terima kasih kak sudah mengingatkan untuk tetap bersyukur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kak, sebagai pengingat untuk diri sendiri juga nih :")

      Hapus
  5. Iya. Memang terasa bedanya ketika kita punya TDL dan patuh pada TDL itu. Akan tetapi, ya ampuuuunnn, aku bahkan kadngkala tak tahu mau menyusun TDL apa pada sebuah hari.

    BalasHapus
  6. Mkch ya mba udh diingatkan, kadang bener bgt deh aku ngerasa kok hari cepat banget tau tau udh malam lagi tapi ngerasanya banyak kerjaan yg blm selesai juga, ternyata banyak yang harus dibenerin biar berjalan dengan efektif

    BalasHapus
  7. mengubah kebiasaan masih sulit untuk saya mbak. Kadang tergiur aja scrolling medsos :(. Semuanya udah pernah dicoba tapi karena saya kurang konsisten jadinya masih 24 jam sehari kurang. Tapi berasa diingetin lagi dari sini untuk memulai kembali menata penggunaan waktu dengan lebih baik

    BalasHapus
  8. pernah sih ngerasa kayak gitu.. kadang juga ngerasa gak kepengin tidur saking banyak yang mau dikerjakan. tapi ya akhirnya kudu tau batasan tubuh dan kembali lagi soal atur waktu dan kegiatan yang baik

    BalasHapus
  9. Kak akupun sama juga jadi pengen punya waktu lebih dari 24 jam, karena merasa kesibukan telah menelan waktu begitu kejam

    BalasHapus
  10. Aku nihh yang tiap hari selalu planning apa aja yang mau dilakukan. Dan planningnya selalu aku usahakan masuk akal, biar nggak depresi kalau target gak tercapai semua.

    BalasHapus
  11. Nice tips mba. Sy merasanya time flies so fast gitu. seminggu berasa sehari

    BalasHapus
  12. Managemen waktu yang sangat keren kak, jadi reminder buat aku, kalau aku sebenarnya lebih ke gimana caranya mengatur waktu dengan baik karena msh ngurus bocil

    BalasHapus

Posting Komentar