Basic Manners yang Perlu Diketahui Seseorang, Mencerminkan Kualitas Dirinya

 



Basic Manners yang Perlu Diketahui Seseorang, Mencerminkan Kualitas Dirinya - Basic Manners adalah tata krama dasar yang perlu diketahui oleh orang banyak, dan ini begitu penting bukan diajarkan hanya untuk anak-anak saja.

Apalagi yang sering kali diabaikan oleh orang-orang adalah 3 kata powerful; tolong, maaf, dan terima kasih. Tiga kata mujarab yang padahal sangat berguna, namun seringkali dilupakan karena terlalu besarnya gengsi.

Hal kecil ini tentu nggak bisa dianggap remeh karena tentunya dapat memengaruhi pandangan dan pendapat orang lain tentang kita. Tentunya, dengan etika yang bagus, adab akhlak yang baik itu semua mencerminkan kualitas kepribadian seseorang.

Basic manners atau tata krama dasar adalah sebuah hal yang dianggap baik dan sopan oleh masyarakat pada umumnya. Walau ada kata-kata dasarnya, tata krama seperti ini banyak yang bilang "kalau nggak dekat mungkin begitu..", "kalau udah kenal dekat nggak akan gitu.." padahal inilah yang membuat kamu semakin dekat dan terhubung lebih baik dengan seseorang.

Nah, kira-kira apa saja, ya, basic manners yang perlu diketahui oleh banyak orang? Ini dia daftarnya sebagai berikut.

Basic Manners adalah Hal yang Mencerminkan Kualitas Kepribadian Seseorang

Akhir-akhir ini penggunaaan kata-kata dalam ucapan dan keterangan semakin luas dan banyak menggunakan kata-kata yang jarang digunakan sehari-hari.

Hal ini terkadang membuat kita tidak mengerti maksud dari kata-kata tersebut, seperti halnya penggunaan kata manners. Penggunaan kata-kata tersebut bisa saja kalian lihat di dunia nyata maupun di dunia maya.

Namun, apakah kalian mengetahui arti kata manners yang sebenarnya? Berikut ini adalah penjelasan dari arti kata manners. Arti kata manners dalam Kamus Bahasa Inggris-Indonesia adalah "tata krama".

Ini dia basic manners yang perlu kamu ketahui, bukan hanya untuk diketahui saja, tetapi semoga bisa diimplementasikan dengan baik.

1.Mengucapkan Kata Tolong, Maaf, Terima Kasih

Salah satu tata krama yang sering kali terabaikan karena merasa sudah dekat dengan seseorang atau suatu kelompok. Padahal yang namanya hal ini perlu sekali untuk dikatakan.

Jangan sampai nggak mengucapkan ketiga kata ini karena sudah dekat atau karena gengsi. Padahal ini termasuk basic manners yang harus dibiasakan dan dilestarikan.

2.Perkenalan Diri yang Diawali dengan Salam, Kemudian Ditutup dengan Terima Kasih

Ini adalah hal dasar yang paling penting dalam tata krama. Apalagi, di zaman modern seperti sekarang ini, menghubungi orang sudah sangat mudah. Namun, tentunya dengan adanya kemudahan, tetap perlu memerhatikan tata krama dan norma yang ada.

Kita sekarang dengan mudah menghubungi seseorang hanya lewat chat, namun dalam hal pertama kali melakukan kontak, jangan asal ngomong to the point tanpa basa-basi dahulu, tanpa memperkenalkan diri dulu, karena akan bikin orang merasa aneh.

Seperti..

"Boleh masukin grup?"

"Boleh kirimkan kontak fulan?"

Hingga yang paling parah..

"P"

Banyak sekali orang yang suka asal chat seperti itu, tanpa perkenalan terlebih dahulu. Padahal memperkenalkan diri dengan perkenalan dasar akan mempermudah kita dalam komunikasi, lho.

3.Saat Mengobrol Jangan Sekali-kali Membuat Orang Lain Risih dan Tidak Nyaman

Coba, deh, diingat-ingat lagi, pernah nggak punya pengalaman tidak menyenangkan ketika ngobrol sama temen atau klien seperti tidak fokus menatap mata, diajak ngobrol malah main handphone, hingga yang paling menyebalkan adalah memotong pembicaraan tanpa izin atau memberikan tanda ingin menyela.

Maka dari itu, yang ingin mengobrol dengan kita tentang apapun itu, usahakan untuk menjaga yang namanya eye contact. Untuk saling menjaga relasi dan komunikasi.

4.Apabila Ada Orang Lain yang Meminta Nomor Teman Kamu, Mintalah Izin Dahulu ke Teman Kamu

Karena, nggak semua orang mau informasi pribadinya boleh diberikan ke orang lain. Itu juga termasuk adab dalam berteman. Termasuk privasi seseorang adalah nomor telepon, jadi usahakan untuk minta izin terlebih dahulu ketika ada orang lain yang mau meminta nomor teman kamu.

Ini sering kali terlupa, tapi semua akan bisa karena terbiasa. Basic manners seperti ini sangat menunjukkan respect atau peduli kamu terhadap temanmu. Jadi, menunjukkan kualitas kepribadian kamu juga dalam menjaga privasi seseorang.

5.Kalau Kamu Sedang Membuka Pintu dan Ada Orang Di Belakangmu yang Mau Masuk/Keluar juga, Tahan Pintunya untuk Orang tersebut

Hal-hal seperti ini terlihat sepele, namun ini termasuk manners yang sangat menunjukkan kualitas kepribadian seseorang.

Dengan kamu menahan pintu untuk orang di belakangmu, kamu juga menjadi orang yang bertata-krama baik.

Apabila, kamu yang menjadi orang yang ditahan pintunya oleh orang lain, selalu ingat untuk mengucapkan "terima kasih", ya.

6.Ketika Kamu Ingin Menelepon Seseorang, Pastikan Orang yang Ingin Kamu Hubungi Berkenan untuk Ditelepon

Sesaat untuk menelepon seseorang, biasakan dan pastikan orang yang ingin kamu telepon itu bisa dan berkenan untuk ditelepon. Selain, karena orang nggak semuanya memiliki waktu untuk telepon, ada juga orang yang kurang nyaman berkomunikasi lewat telepon.

Biasanya, batas misscall itu hanya 2x. Jika, sudah 2x telepon tidak diangkat berarti orang itu sibuk atau mungkin kurang nyaman untuk berteleponan.

Kalau sangat urgent, bisa hubungi lewat chat dulu untuk meminta izin menelepon.

7.Kalau Meminjam Barang Orang, Kembalikan Seperti Semula

Coba deh, kamu bayangkan, ketika barang kamu dipinjam oleh seseorang dan saat dikembalikan ternyata ada yang kurang atau rusak. Menurutmu gimana?

Sudah dipastikan, kamu pasti ada rasa kesel juga, kan?

Nah, makanya usahakan ketika kamu meminjam barang orang lain, maka kembalikan seperti semula. Dengan begitu, kawan kamu juga akan berkenan untuk meminjamkan barangnya lagi denganmu.

8.Ketika Kamu Janjian dengan Temanmu, Usahakan Tepat Waktu. Kalau Ternyata Telat, Kabari dari Sebelum Waktu Janjian

Bagi Waktu Indonesia Bagian Ngaret, memang susah sekali untuk tidak ngaret. Bisa jadi, karena macetnya jalanan atau hal-hal tak terduga lainnya.

Namun, usahakan untuk on-time atau tepat waktu ketika janjian dengan seseorang. Jika, ternyata setelah kamu pertimbangkan bakal molor waktunya, maka kamu bisa kabari ke temanmu sejam atau dua jam sebelumnya, agar temanmu tidak menunggu terlalu lama.

Menunggu hal yang tak pasti sangat tidak menyenangkan, Boss!


Itu dia basic manners yang perlu kamu ketahui untuk diresapi dan dilakukan di kehidupan sehari-hari. Kalau tak terbiasa memang susah, namun apa yang bisa dilakukan karena terbiasa.


Sumber gambar :  Foto oleh Ioana Motoc dari Pexels: https://www.pexels.com/id-id/foto/cangkir-bunga-bunga-minuman-teh-15918342/

Komentar