Cara Cerdas Mengatur Keuangan Rumah Tangga ala Buku Smart Couples Finish Rich

 



Mengatur keuangan ketika kita masih sendiri saja terkadang masih susah. Apalagi, ketika bersama pasangan, ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika mengatur keuangan saat berumah tangga.

Di tulisan kali ini, kita akan membahas bagaimana ya cara mengatur keuangan yang baik? Tapi, ada yang menarik, karena kita akan mengambil referensi dari salah satu buku best seller yang sudah dicetak hingga lebih dari 7 juta eksemplar. Buku nya terbit tahun 2001 dan masih relevan hingga sekarang.

Buku itu berjudul "Smart Couples Finish Rich" yang ditulis oleh David Bach. Buku ini mengangkat topik seputar pasangan. Semua orang pasti ingin memiliki hidup yang lebih baik di masa depan bersama pasangannya.

Nah, dalam buku ini akan membahas apa saja langkah yang dapat menuju kesuksesan dalam berumah tangga.

David Bach adalah seorang penulis buku laris asal Amerika. Ia juga dikenal sebagai seorang tokoh televisi, motivator, pengusaha, dan pendiri FinishRich.com.

Di dalam buku nya kali ini, akan memberikan teknik baru dalam menjalani kehidupan sebagai pasangan.

Membangun Kepentingan Bersama

Kalau kita dengan pasangan ingin mendapatkan hidup lebih baik dan menjadi kaya bersama maka kita harus belajar.

Kita perlu menghasilkan value atau nilai bersama, melihat nilai-nilainya, dan tentunya mengutamakan apa yang paling penting dalam hidup, baik hidup secara individu maupun hidup secara berpasangan.

Kita bisa menggunakan apa yang disebut Bach dalam buku nya ini sebagai "The Couples Latte Factor" untuk mengubah pendapatan, melindungi keluarga, menyiapkan masa depan dengan tabungan, serta meningkatkan penghasilan sebagai pasangan 10% selama sembilan minggu ke depan.

David Bach di dalam bukunya mencontohkan pengalamannya sendiri, dia menceritakan tentang Kakek dan Neneknya yang memulai hidup bersama tanpa memiliki apapun dan hanya bisa menabung beberapa dollar seminggu.

Namun, seiring berjalannya waktu, mereka akhirnya mampu untuk membangun sebuah pengaturan keuangan yang bernilai jutaan dolar.

Rahasianya adalah dengan merencanakan keuangan bersama-sama, menabung bersama-sama, dan berinvestasi bersama-sama.

Pertanyaan yang kemudian muncul di benak kita adalah, apakah mungkin proses pengerjaan keuangan kamu dan pasangan bisa benar-benar dilakukan dengan cara yang menyenangkan?

Maka, jawabannya adalah sangat bisa.

Faktanya dalam suatu hubungan, kamu sebenarnya bisa membuat banyak hal untuk memperkuat ikatan kamu sama pasangan.

Menurut para ahli, penyebab perceraian nomor satu ternyata bukan seks, agama, atau masalah dengan mertua, tapi karena masalah keuangan.

Sebelum memulai merencanakan caranya, kamu perlu tahu terlebih dahulu tentang berapa banyak pendapatan finansial yang dimiliki dan seberapa mudah untuk diaksesnya.

Pahami juga apa jenis komitmen keuangan yang kamu miliki, baik secara terpisah sebagai perorangan maupun bersama-sama.


Menentukan Tujuan

Langkah berikutnya yang disebutkan dalam buku Smart Couples Finish Rich ini berkaitan dengan sistem nilai dan tujuan hidup. Ini adalah langkah besar yang akan menuju ke perencanaan keuangan yang tidak hanya membantu kamu untuk menjernihkan pikiran, tetapi dapat merenungkan tujuan serta sasarannya.

Dan ini juga dapat membantu kamu untuk memikirkan apa yang kamu sayangi dalam hidup.

Nilai-nilai ini menuju pada bagian, bagaimana kita mampu untuk berkomunikasi dengan pasangan, termasuk bagaimana cara kita akan membesarkan anak-anak.

Selanjutnya, adalah menguraikan kembali informasi keuangan kamu dengan pasangan di atas kertas. Ini perlu. Agar kalian bisa mulai untuk membuat rencana keuangan bersama.

Buatlah daftar pengeluaran kalian, terutama tentang arus keuangan, kemana uang itu akan dialokasikan. Siapkan juga rencana keuangan seperti rencana tabungan, kekayaan bersih, properti, dan lain sebagainya.

Terakhir, tulis juga Purpose-Focused Financial Plan milikmu berdasarkan berbagai informasi yang telah kamu miliki.

Agar Purpose-Focused Plan nya masuk akal, kamu dan pasangan harus mengerti apa arti uang bagi kalian. Apakah nilainya bisa membantu kamu untuk mencapainya atau mungkin sebaliknya?.

Setelah tahu ini, kamu dan pasangan dapat memfokuskan waktu dan energi untuk hal yang paling penting.

Supaya bisa melakukannya dengan benar, kamu dan pasangan juga harus memiliki satu pemikiran yang sama. Kamu berdua juga harus melakukan segalanya sesuai dengan pertimbangan finansial sembari merencanakan masa depan bersama. Kerja sama tim inilah yang menjadi kunci menuju masa depan yang cemerlang.

Tabungan Masa Depan

Di bagian ini kita akan membahas bagaimana kamu menghargai uang dan memahami pentingnya uang. 

Ini akan bantu kamu mengenali bagaimana sejumlah kecil uang yang dihabiskan dengan mudah akan dengan cepat menghabiskan sebagian besar uang hasil jerih payah kamu dan juga pasangan.

The Couples Latte Factor yang di sebutkan sebelumnya menegaskan kalau uang tersebut bisa diinvestasikan dan menghasilkan kemakmuran finansial.

Bach di dalam bukunya mengajarkan kita dengan apa yang disebut sebagai "Tantangan Keuangan 7 Hari". Kamu dan juga pasangan akan melacak keuangan dengan perincian pengeluaran dicatat selama seminggu. Kedua, belanjakan uang kamu persis apa yang kamu dan pasanganmu butuhkan.

Di buku ini juga Bach mengajarkan kita bagaimana caranya mengelola uang sedemikian rupa hingga ada tabungan sampai pensiun. Bach menyebutnya dengan "Keranjang Pensiun".

Semuanya dapat dibangun sendiri dengan mengikuti strategi bayar diri sendiri. Dengan cara ini, kita dapat menabung sebagian dari pendapatan kotor dari jumlah gaji yang kita peroleh tanpa pemotongan pajak, kemudian menginvestasikannya untuk masa pensiun mendatang.


Langkah Terakhir: Membangun Kehidupan Berpasangan Lebih Baik

Di akhir buku ini, kamu dan pasangan akan diajarkan tentang bagaimana caranya menyisihkan uang untuk semua impian yang awalnya hanya dimiliki diri sendiri.

David Bach mendorong kita untuk bermimpi besar dan menunjukkan kalau kita bisa secara efektif mewujudkan mimpi-mimpi tersebut, dengan cara merencanakannya dengan cerdas.

Bisa dimulai dengan cara membuat lima daftar impian kamu yang mungkin sudah terlupakan. Kemudian setelah ditulis, dipertimbangkan lagi apakah mimpi-mimpi ini benar-benar mungkin untuk diwujudkan ataukah tidak?

Jika mimpi-mimpi tersebut dapat diwujudkan, maka itu juga menandakan bagaimana pasangan ingin mendapatkan keuntungan dari mimpi-mimpi itu.

Selain itu, di dalam buku Smart Couples Finish Rich juga mengarahkan kita pada apa yang tidak boleh dilakukan antar pasangan agar memastikan gaya hidup finansial yang sehat.

Pertama, tidak mengambil rencana hipotek selama 30 tahun. Menurut Bach, ini adalah bentuk penipuan yang keterlaluan karena terkadang suku bunga pinjaman membuat komoditas itu jadi bernilai dua kali lipat atau lebih.

Kesalahan kedua adalah, akumulasi hutang kartu kredit. Di masa depan, Bach menekankan agar anak-anak harus diajari tentang betapa pentingnya uang serta bagaimana cara mengelolanya, agar tidak ketergantungan dengan orang tua.

Langkah Terakhir yang juga dibahas dalam buku ini adalah pentingnya merencanakan keuangan dengan Money Date. Penting bagi pasangan dalam mengatur keuangan dan mengatur tanggal tertentu yang mereka fokus tanpa ada gangguan yang lain.

Seringkali terjadi, membahas keuangan ketika salah satunya nyeletuk jumlah uang yang dihabiskan untuk aktivitas tertentu saat membayar tagihan. Percakapan yang mungkin terlalu dini akan mengarah ke pertengkaran dan menjadi cek-cok satu sama lain.

Maka Bach mengatakan bahwa para pasangan perlu membiasakan untuk saling menghargai dan itu akan membangun hubungan yang sehat. Dan tentunya semua lebih baik dilakukan dari awal, agar tidak menundanya terus menerus.

Saat bicara soal uang, mendengar sesuatu saja tidak cukup; kamu perlu tahu apa arti sesungguhnya.

 

Refrensi : David Bach, Smart Couples Finish Rich

Sumber gambar : pexels.com

Komentar

  1. keuangan setelah menikah perlu banget kejujuran dan pintar mengelola ya, selip dikit kacau deh sampai tua nanti. Tipsnya dapat ditiru nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, betul banget. Penting untuk mengelola keuangan dengan baik saat sudah menikah

      Hapus
  2. Membaca ulasan ini menunjukkan bahwa buku Smart Couples Finish Rich memiliki banyak Insight bermanfaat bagi kehidupan berkeluarga, apalagi kalau sudah membahas tentang masa depan. Duh jadi pengen baca sendiri 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, iya kak betul banget. Buku Smart Couples Finish Rich aku kurang tahu udah ada terjemahannya apa belum. Bisa dicari tuh kak :D

      Hapus
  3. Setelah menikah memang perlu perlakuan khusus masalah keuangan dan tentunya perlu banget supaya hidup bisa terarah. buku Smart Couples Finish Rich bisa jadi panduan untuk hidup lebih baik

    BalasHapus
  4. Sebelum nikah, aku udah memaksa diri buat catat keuangan dan nentuin nih goal aku. Karena pengin pensiun dini. Aku juga akhirnya sampaikan pas taaruf sama pasangan, biar sevisi. Untuk sama-sana catat keuangan. Wkwk saking sakleknya aku, jajan 500 perak juga aku catat. Karena berusana mencapai sesuatu yang sudah lama aku impikan gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah detailnyaa.. keren banget kak Kara! aku panggilnya gitu aja ya, soalnya nama panggilan kita sama nih hehee

      Hapus

Posting Komentar