Apa saja "soft skill" yang perlu diasah sejak SMA?

Soft skill memang nanti akan sangat dibutuhkan banget untuk kedepannya. Apalagi kalau sudah masuk lingkungan kerja. Maka, banyak banget skill yang harus kita asah.
Terutama soft skill ini yang patut untuk diasah sejak SMA. Yuk coba kita simak!

1. Public Speaking


Saya rasa ini perlu sekali, mengingat di kuliah itu terdapat tugas-tugas yang harus kamu presentasikan di depan dosen. Meskipun materi kamu bagus dan cemerlang, tapi kalau penyampaiannya tidak disampaikan dengan baik, bagaimana dosen akan memberikanmu nilai yang bagus?

Itu belum seberapa. Kalau kamu ingin ikut organisasi atau kepanitiaan pasti saat proses pendaftaran kamu pasti akan melakukan sesi wawancara. Jangan sampai karena kamu tidak mengasah kemampuan public speaking kamu, jadinya kamu akan langsung di diskualifikasi. Karena dalam suatu organisasi yang terpenting itu adalah yang mampu berkomunikasi dengan baik.

Dan hal yang paling penting menurut saya adalah saat nanti sidang skripsi. Walaupun kamu mahasiswa tercerdas sekalipun, kalau kamu masih gemeteran saat berbicara di depan publik, maka kamu akan fail. Jadi, sebisa mungkin, berlatihlah tentang public speaking sedini mungkin.

2. Menulis



Saya nggak yakin menulis itu soft skill sih. Tapi, ya ini penting banget untuk dilatih sejak SMA. Karena apa? Karena kalau di kuliah nanti kerjaannya kamu akan disuruh buat makalah, laporan, penelitian, dll. Sampai nanti akhirnya kamu bertemu dengan namanya skripsi. Dan skripsi pun harus menulis. Percuma kalau kamu punya ide brilian sekalipun tapi kamu tidak bisa menuangkannya ke dalam tulisanmu.

3. Critical Thinking



Di kuliah, kalau kamu ingin membuat makalah, kamu memerlukan sumber-sumber yang valid dan pastinya nggak sembarangan. Jadi pastikan kamu punya kemampuan berpikiran kritis untuk menganalisis suatu informasi.

Sekian.. :)
Sumber from Quora

Komentar

  1. Saya setuju dengan poin kedua yaitu Critical Thinking, karena jika kita ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi kita harus dituntut memiliki skill kedua ini, selain bisa digunakan untuk nanti di jenjang pendidikan, ini juga dapat berguna untuk kita yang memilih menjadi sebagai pekerja.

    BalasHapus

Posting Komentar