TikTok Dan Peluang Bisnis

    

    Dilansir dari wikipedia, TikTok, juga dikenal sebagai Douyin (Hanzi: 抖音短视频; Pinyin: Dǒuyīn duǎnshìpín; artinya "video pendek vibrato"), adalah sebuah jaringan sosial dan platform video musik Tiongkok[1] yang dluncurkan pada September 2016[2] oleh Zhang Yiming, pendiri Toutiao.[3] Aplikasi tersebut membolehkan para pemakai untuk membuat video musik pendek mereka sendiri.

    Kehidupan manusia yang bermula dari kesederhanaan kini menjadi kehidupan yang bisa dikategorikan sangat modern. Di jaman yang semakin canggihnya teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang  saat sekarang, segala sesuatu dapat diselesaikan dengan cara-cara yang praktis. Teknologi informasi dan komunikasi adalah sesuatu yang bermanfaat untuk mempermudah semua aspek kehidupan manusia. Dunia informasi saat ini seakan tidak bisa terlepas dari teknologi. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi oleh masyarakat menjadikan dunia teknologi semakin lama semakin canggih.

    Salah satunya dalam bidang teknologi komunikasi seperti adanya smartphone dan internet, membuat manusia semakin meningkatkan cara komunikasinya. Berbagai macam media untuk berkomunikasi pun hadir untuk memudahkan manusia berinteraksi. Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi internet sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat, hal inilah yang melahirkan media sosial. Media sosial merupakan media online, yaitu media yang hanya ada dengan menggunakan internet dimana para penggunanya bisa menuangkan ide, mengekspresikan diri, dan menggunakan sesuai dengan kebutuhannya. Kehadiran media sosial memberikan kemudahan bagi manusia untuk berkomunikasi dan bersosialisasi.

    Salah satu aplikasi di media sosial yang saat ini sedang booming dikalangan anak-anak, remaja bahkan orang dewasa yaitu TikTok. TikTok adalah aplikasi buatan dari negeri Tirai Bambu lebih tepatnya Tiongkok, aplikasi yang platformnya khusus video, musik dan Foto, spesifik pada perusahaan ByteDance. Ketenaran dari Tik Tok sendiri telah terbukti dengan bergabung Rich Chigga dalam acara Official Warm Up Party yang diadakan dalam rangka Djakarta Warehouse Project (DWP) ditahun sebelumnya, dengan jumlah penonton yang luar biasa.

    Aplikasi ini hampir dengan aplikasi lain, layaknya Musical.ly, Selain itu, bukti boomingnya aplikasi tiktok dilihat dari nilai reviewnya yang sangat tinggi di Play Store maupun App Store yaitu 4,6. Rating yang hampir sempurna, memadukan Artificial Intelligence dan Image Capture. di Google Play atau Play Store rata-rata yang mengomentari aplikasi tiktok ini adalah kaum hawa dan remaja-remaja di bawah umur.

    Saat ini begitu banyak produk kecantikan yang di perjualbelikan baik itu produk lokal maupun import. Tak heran, jika persaingan di dunia kecantikan begitu pesat. Di era sekarang ini, kita tak perlu memikirkan bagaimana cara menjual kosmetik yang pada umumnya kita lihat di toko-toko penjual kosmetik yang notabenenya harus mengeluarkan modal begitu banyak untuk membuka toko kosmetik. Tapi, anda tak perlu risau lagi untuk memikirkan hal tersebut karena sekarang kita hidup di zaman yang serbah canggih yang hanya memerlukan koneksi internet dan perangkat yang memadai.

    Di tahun 2020 ini, kalian sebagai kaum yang hidup di era millenial ini tentu tak mau kalah kan dengan teknologi semakin hari semakin terupdate. Tak heran jika kita melihat banyak para pebisnis selalu memanfaatkan media internet sebagai peningkatan bisnisnya. Mungkin, anda keseringan melihat menawarkan bisnis mereka melalui Instagram, Facebook, dan lain sebagainya. Itu hal yang sudah lumrah kita jumpai di media internet. Tapi, anda bisa mencoba beralih ke aplikasi TikTok untuk semakin memperkenalkan bisnis atau produk yang kamu kembangkan.

    Tepatnya dengan memanfaatkannya sebagai sarana promosi bisnis. Bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut ini:

1. Buat Konten-konten Menghibur


    Satu hal yang membesarkan nama TikTok adalah konten-konten lucu yang menghibur para penggunanya. Hal ini dikarenakan banyaknya konten kreator yang kreatif di aplikasi ini. oleh sebab itu, Anda harus membuat sebuah video semenarik mungkin agar dapat dilirik banyak orang.
Tak perlu memikirkan kualitas video, terpenting yang harus Anda lakukan adalah bagaimana cara agar dapat mengemas video tersebut dengan ide yang unik dan menarik. Buatlah konten-konten yang lucu, sesuai dengan bisnis Anda.

2. Update Terus Tren yang Berkembang di Tik-tok


    Setiap sosial media, pasti memiliki trennya masing-masing, begitu juga dengan aplikasi yang satu ini. selain mempelajari seluk-beluk TikTok, Anda juga dituntut untuk terus updatetren terbaru yang sedang panas-panasnya di TikTok.

    Dengan melakukan ini, dapat membantu Anda untuk membuat konten. Biasanya, konten yang dibuat dengan mengikuti tren akan banyak dilihat orang. Kendati demikian, jika ada tren yang kurang sesuai dengan bisnis Anda, tak usah dipaksakan untuk membuat konten seperti itu.

3. Bekerja Sama dengan Influencers


    Sudah menjadi hal yang lumrah jika ingin mengembangkan bisnis, Anda perlu bekerja sama dengan orang lain. Begitu pun dengan platform satu ini, Anda bisa bekerja sama dengan influencer yang banyak digandrungi orang sebagai media partner bisnis Anda, terutama bila target market yang Anda tuju adalah anak muda.

    Pengguna TikTok kebanyakan adalah anak-anak usia remaja. Dengan begitu Anda bisa memanfaatkan cara ini untuk menggaet pasar Anda.

4. Membuat Hashtag Challenge


    Salah satu strategi jitu yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda di TikTok adalah dengan hashtag Challenge. Tak hanya jitu, strategi ini juga dapat mendorong interaksi dengan pengguna Tik-tok.

    Tak hanya itu, cara ini juga dapat membangun engagement. Ajak pengguna TikTok untuk membuat sebuah konten dengan menambahkan hashtag yang memuat nama brandbisnis Anda.

5. Menggunakan Tik-tok Ads


    Banyaknya orang yang menggunakan Tik-tok, kini pihak developer telah menambahkan fasilitas baru, yaitu TikTok Ads. Fasilitas ini bisa jadi solusi Anda untuk menggaet lebih banyak audience di aplikasi ini.

    Sama dengan Facebook Ads dan Instagram Ads, fasilitas ini dapat menjangkau banyak orang sebagai media promosi.




Komentar