Tahap-tahap menjadi seorang penulis professional! Ini yang harus kamu lakukan!

Saya dapat tulisan ini dari salah satu qourawan yaitu Ben Aryandiaz Herawan. Dia adalah penulis, blogger, dan Analis film di Watchmen.ID

Dia menceritakan pengalaman dia menjadi penulis dari nol. Dan memulai pengalamannya di berbagai macam media, cara memulai meniti karir menjadi penulis.

Tiap orang pasti punya pengalaman, cara memulai dan cara meniti karir yang berbeda, tapi dia hanya menggunakan 5 poin berikut untuk menjadi seorang penulis.



1. Belajar Menulis Yang Benar

Menurutnya kalau kita ingin menjadi seorang penulis yang baik kita terlebih dulu harus belajar bagaimana menulis yang baik. Dia melakukannya tidak dengan banyak baca buku, tapi dengan "mencontek" bagaimana penulis yang dia suka menulis. Menurut dia, dia melihat bagaimana flow cerita yang mereka buat, bagaimana narasi yang mereka bangun, riset yang mereka lakukan, dan perspektif yang mereka ambil. Proses 'mencontek' ini juga dibarengi dengan proses trial & error dari percobaan penulisan dia sendiri.

2. Buat 'Writer Persona'

Setiap orang pasti memiliki ciri khas masing-masing dalam membuat tulisan, yang dia sebut sebagai 'writer persona'. Buat dia, seorang penulis yang baik pasti mempunyai 'writer persona' yang kuat dan unik. Karena itulah saya harus membuat writer persona saya sendiri, yang didasarkan pada dua pertanyaan ini :

  • "Citra penulis seperti apa yang ingin saya bentuk?" - Ini untuk membuat kita fokus pada niche yang kita piligh, seperti misalnya saya ingin menjadi penulis yang fokus membahas tentang seni, atau tentang kepenulisan.
  • "Apa keunikan cara menulis yang saya punya" - Ini untuk melatih signature dari cara menulis yang membedakan kita dengan penulis lain. Misalnya, yang membedakan saya dengan penulis lain adalah bagaimana saya memberikan tips-tips menulis yang unik, misalnya.
2 hal ini merupakan proses yang panjang, tidak bisa dilakukan dan dilihat hasilnya dalam satu hari. Dibutuhkan banyak proses trial & error untuk menemukan ritme dan persona yang sesuai, yang hanya bisa didapatkan dengan banyak menulis.

3. Timbun Portofolio

Menurut dia pribadi, salah satu kesalahan penulis pemula adalah terlalu fokus mencari tahu bagaimana menjadi seorang penulis hebat tanpa membuat portofolio sama sekali. Padahal, membuat banyak tulisan yang bisa dijadikan portofolio adalah cara paling efektif jika ingin mulai menjadi seorang penulis professional.

Menulis itu seperti latihan angkat beban. Semakin sering kamu menulis, semakin terlatih skill menulis yang kau punya. Kamu akan tahu dimana ruang yang tulisanmu bisa berkembang, mana yang harus diperbaiki, mana yang harus dihapus, mana yang bisa ditingkatkan.

Portofolio tulisan yang kamu buat juga penting buat kamu yang ingin menjadi seorang penulis komersil. Semakin banyak portofolio berkualitas yang kamu buat, semakin banyak orang-orang yang ingin menggunakan jasa tulisan kamu.

4. Cari Komisi Menulis

Mencari komisi menulis sangatlah penting yang bertujuan satu hal; reality check. Ketika kamu mencari komisi menulis, kamu akan tersadar bahwa ada begitu banyak orang-orang yang sama seperti kamu dan saya. Penulis muda yang berambisi besar dan saling berlomba untuk mendapatkan pengakuan dari orang lain.

Pencarian komisi menulis ini juga akan membawa kamu pada kenyataan bahwa kamu tidak sepandai atau seunik yang kamu kira. Selama ini kita merasa kalau kita cocok, pantas, dan menganggap mudah untuk menjadi seorang penulis. Mencari komisi dan mendapatkan feedback dari klien akan membuat kita sadar betapa banyak yang kita tidak ketahui dan betapa banyak ruang bagi kita untuk berkembang.

5. Ulangi Poin Satu

Ruang untuk belajar dan berkembang akan selalu ada dan tidak pernah tertutup. Terus perbaiki bagaimana kita menulis, buka lebih banyak perspektif dan asah terus skill menulis kita. Perbanyak lagi referensi bacaan dan menulis, coba gaya menulis baru dan asah yang sudah bagus. Semakin sering kita berlatih, semakin paten tulisan yang kita buat.

Intinya cuma satu sih, latihan menulis terus menerus. Buat target menulis setiap hari. Nggak usah terlalu banyak, mulai aja dari 10 kata setiap hari, besoknya 20 kata, besoknya 30 kata, begitu seterusnya. Bangun kebiasaan menulis aja dulu, nggak usah mikirin kapan jadi penulis atau kapan punya karya yang hits ya.

Semangat menulis!

Komentar

  1. kalau ini cocok nih kak buat saya yang pengen jadi penulis , semoga aja saya bisa jadi penulis professional

    BalasHapus
  2. Menjadi seorang penulis menurut sebagian orang memang hal sepele. Tapi beda kenyataanya

    BalasHapus
  3. tahap yang penting buat dipelajari sebagai penulis blogger. pembelajaran itu harus ditekuni terus kalau mau berhasil

    BalasHapus
  4. informasi bermanfaat, bagi para blogger, dapat mengikuti tips ini, terima kasih

    BalasHapus
  5. jozz mbak artikelnya :), sangat menginspirasi mbak, jadi pengen bercita-cita menjadi sastrawan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya alhamdulillah, semoga tips nya membantu yaa :)

      Hapus
  6. Menurut saya, untuk menjadi seorang penulis tidak lah mudah, itu membutuhkan waktu yang tidak singkat

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih bener banget, butuh waktu lama untuk menjadi penulis bahkan pembelajaran seumur hidup!

      Hapus
  7. Menarik tulisannya. Banyak membaca lalu tuliskan kemudian berinovasilah.

    BalasHapus
  8. Mungkin artikel ini bisa saya terapkan agar bisa memiliki acuan pada saat menulis. Thank's admin!

    BalasHapus

Posting Komentar