Usaha Yang Berawal Dari Jajanan Deket Rumah #BaksoMoregan @AboutCirebonFood

source : Google

Usaha makanan kali ini terdapat di Cirebon. Kota kelahiranku. Kali ini aku baru saja bertemu dengan cabang dari kedai bakso yang berada di daerah Kalitanjung,Cirebon. Ini adalah cabang dari kedai bakso dengan nama yang sama yang ada di Rajawali, Perum. Nah, Aku baru pertama kali kesini dan akhirnya bertemu dengan ownernya langsung untuk nanya-nanya nih, gimana sih awal memulai usaha ini? Apa aja kendala dan tipsnya nih?

Awal Memulai Usaha

Nah, Tak kenal maka tak sayang nih. Kali ini, ownernya itu kakak kelas aku waktu SD loh. Dia adalah Kavin Arshiddiqi yang sekarang berdomisili di Bandung plus kuliah disana. Dan dia juga salah satu personil Abang None Seribu di Jakarta loh, guys. Dia memulai bisnis ini dengan awalnya suka dengan kedai bakso yang ada di dekat rumahnya, dan katanya kebetulan ramai juga. Jadi, dia akhirnya mulai kepikiran untuk berkerjasama dengan si mamang jualan bakso itu.

Dengan memulai kata “Mau buat cabang gak mas? Tapi, nanti saya aja yang buat cabang nya tinggal bagi hasil sama abangnya. Gimana?” Dengan begitu, akhirnya Kavin memulai usaha franchise yang katanya tinggal terima beres aja. Dari abang-abang yang jualan sampai gerobaknya dari tempat utama, Kavin hanya mencari tempat dan meneruskan usahanya itu.

Awalnya dia memang hobi berjualan, “Berjualan itu kan sebaik-baiknya usaha kata Rasulullah”paparnya. Dan dia pun akhirnya memulai usaha Kedai Bakso Moregan ini memakai tabungannya sendiri, lho. Dan Kavin sudah memulai usahanya sejak kurang lebih 5 tahun berjalan. Wah, keren ya!. Dan cabangnya ini baru buka tanggal 22 Desember kemarin.

Suka Duka Berbisnis

“Banyak banget suka dukanya. Sukanya ya bisa menghasilkan uang sendiri tanpa harus minta-minta ke orang tua lagi. Duka nya pasti banyak yah, Yang harus ngebesarin toko tapi lagi gak ada dana. Yaa, banyaklah gak bisa disebutin satu-satu” paparnya. Bisnis ini adalah usaha dan modal dari dia sendiri. Kata dia ini adalah bisnis nya sendiri bukan bisnis keluarga, yang awalnya aku kira begitu. Ternyata tidak.

“Harus siapin mental sih kalau mau terjun ke dunia bisnis itu.” Memang benar. Apalagi persaingan yang banyak. Kan, banyak kedai bakso lain yang mungkin lebih enak. Makanya, katanya kita harus banyak-banyak promosi di social media karena sekarang itu lagi masa-masanya teknologi yang itu harus di manfaatkan.



Memulai Dengan Hobi & Passionnya

Setiap orang pasti memiliki passion dan hobinya masing-masing. Nah, bagi Kavin hobinya itu salah satunya adalah berbisnis. Selain itu sesuai sunnah, dia pun memaparkan kalau berbisnis itu enak, dan menghasilkan sekali. Banyak anak muda, yang belum kepikiran untuk memulai bisnis karena alasannya gak punya modal atau yang lain sebagainya.

Tapi, bagi anak muda seusia Kavin, dia sudah mulai berani untuk memulai hobinya dan passionnya menjadi kenyataan. Dia wujudkan dengan usaha dan pikiran anak muda. Itulah yang jarang terjadi di kalangan anak muda zaman sekarang. Yang kebanyakan, anak muda zaman sekarang masih minta uang jajan sama orang tua mereka. Tanpa berpikir, susahnya mencari uang itu bagaimana.

Inilah yang harus kita pelajari dari anak muda yang berani memulai tanpa takut dengan resiko yang bakal dia hadapi. Kita tidak akan pernah tau kalau kita tidak pernah mau mencoba. Jadi, kalau bukan kita yang memulai. Siapa lagi? Sadarilah.. Perubahan itu butuh usaha. Gimana kita mau berubah tanpa memulai perubahan?

Bagi Kalian Yang Mau Mencoba!

Kalian bisa kunjungi Instagram doi di @baksomoregan nanti juga ada maps untuk mengarahkan kalian ke tujuan. Rasa? Jangan diragukan, deh! Cobain aja sendiri.






0 CHATTING: